[LN] Genjitsu de Love Comedy Dekinai to Dare ga Kimeta? Volume 2 Chapter 1.3 Bahasa Indonesia

 

Chapter 1 – Siapa Bilang Kalau Aku Tidak Dapat Membayangkan Suasana di Kelas?

3

 

Beberapa hari kemudian, sepulang sekolah. Aku duduk di ruang rapat sewaan di perpustakaan kota.

Setelah tiba di lokasi terlebih dahulu, aku dengan tenang mempersiapkan rapat.

“Terima kasih sudah menunggu.”

Pintu terbuka dengan bunyi gedebuk, dan Uenohara memasuki ruangan.

“Ah, maaf sudah membuatmu jauh-jauh datang ke sini. Hanya saja aku ingin menggunakan benda ini hari ini.”

Aku mengetuk proyektor, yang sekarang sudah terpasang.

Tempat ini tidak jauh kalau naik sepeda. Karena tidak ada bukit, jalan ke sini sebenarnya lebih mudah daripada jalan pulang.”

Duduk ke kursi pipa sembari berbicara, Uenohara mengeluarkan handuk dari tas sekolahnya. Kemudian, dengan menggunakan satu tangan untuk mengangkat rambut di belakang kepalanya, dia menyeka keringat di lehernya.

Hari ini pasti terik. Musim berkeringat sepanjang tahun ini pasti sulit bagi anak perempuan yang berambut panjang.

Nih, ini untukmu.”

“…Makasih.”

Aku menyerahkan minuman olahraga dingin yang telah aku beli sebelumnya.

Mengambil botol dan menempelkannya di pipinya, Uenohara menghela nafas lega.

“Jadi, kamu bilang kalau senjata rahasia dengan nama cupu itu sudah selesai?”

“Itu tidak cupu, tapi benar sudah selesai.”

Aku berdiri dan mematikan lampu ruangan.

“Nah, tanpa basa-basi lagi, mari kita ke pengungkapan pengembangan. Ah, tapi sebelum itu… Ini kesempatan bagus, jadi mungkin aku harus mulai dengan memberikan update singkat tentang kemajuan Rencana.”

Mengatakan ini, aku membuka tablet dan dokumen PowerPoint ke layar proyektor.

“Nah, seperti yang dinyatakan sebelumnya, tahap pertama Rencana Romcom dalam Kenyataan kita adalah Pemilihan Karakter. Kita telah membuat kemajuan yang baik dalam hal ini, dan pemilihan Karakter Utama di kelasku sekarang sudah selesai.”

Kelompok karakter utama—juga dikenal sebagai Kelompok Teman—telah dibentuk, yang terdiri dari Kiyosato-san, Tokiwa, dan Torisawa, bersama Uenohara sebagai pengamat. Teman sekelas kami juga tampaknya menganggap keempatnya berhubungan baik, jadi tak masalah untuk mengatakan bahwa kehadiran mereka sebagai sebuah kelompok telah diamankan.

“Tahap pertama akan berlanjut sampai potensi romcom seluruh siswa di semua angkatan selesai dinilai. Saat ini, kita baru menyelesaikan kelas satu dan mulai memperluas cakupan kita ke para kakak kelas.”

Karena mengumpulkan data soal siswa senior lebih menantang daripada dengan siswa yang satu angkatan, itu diperkirakan akan memakan waktu lebih lama. Aku berharap memiliki data nyata sebelum musim gugur ketika banyak acara di seluruh sekolah akan diadakan.

“Dan seiring berjalannya tahap pertama, kita secara bertahap akan memasuki tahap kedua, yaitu Meningkatkan Tingkat Kesukaan Karakter. Ini melibatkan pendalaman hubungan dengan karakter yang dipilih melalui berbagai event.”

Tahap kedua dari Rencana ini adalah yang paling sulit.

Saat ini, Event Pulang ke Rumah dan Event Mampir adalah hal yang biasa, tapi aku berencana untuk menambahkannya dengan memanfaatkan acara-acara tingkat sekolah seperti Kerelawanan Pembersihan Daerah Setempat yang akan datang dan festival sekolah sebagai Event Komedi Romantis.

Dari sana, kami akan memperdalam ikatan dengan karakter, dan secara bertahap membangun Cerita.

“Kita masih jauh dari tahap ketiga, jadi kita tinggalkan dulu, itulah situasi saat ini. Apakah ada pertanyaan sejauh ini?”

“Apakah perlu untuk serius seperti ini setiap saat? Tidakkah menurutmu ini memalukan?”

“Baiklah, karena tidak ada pertanyaan, mari kita lanjutkan.”

Dengan elegan mengabaikan kritik Uenohara yang diutarakan seperti pertanyaan, aku berpindah ke slide berikutnya.

“Sekarang, aku berencana untuk menggunakan Kerelawanan Pembersihan Daerah Setempat sebagai Event untuk membentuk bagian dari tahap kedua… Tapi karena lingkungan sekitar kita, yaitu lingkungan kelas, ada kemungkinan bahwa itu tidak akan berhasil.

Saat aku mengatakan ini, aku menampilkan slide berikutnya. Slide itu menampilkan diagram berbentuk piramida.

“Di sini kamu dapat melihat diagram skema dari lingkungan sekitar yang menjadi fondasi dari setiap komedi romantis. Aku menyebutnya Model Tiga Lapisan Lingkungan Komedi Romantis. Prasyarat untuk melaksanakan rencana adalah piramida ini tidak boleh tergoyahkan.”

Dalam piramida ini, lapisan paling bawah adalah lingkungan sekolah, lapisan tengah adalah lingkungan kelas, dan lapisan paling atas adalah lingkungan kelompok. Semakin rendah lapisan dalam piramida, semakin besar skalanya dan karenanya semakin besar ukurannya.

“Jika kamu menganggap lapisan bawah sebagai Kyou-Nishi, itu adalah batuan dasar. Itu adalah lingkungan yang ideal dengan banyak acara dan OSIS yang aktif, dan para guru serta PTA* yang sangat mendukung. Lapisan atas berhubungan dengan Kelompok Teman, jadi itu juga tidak masalah.”

TLN: PTA singkatan dari Parent-Teacher Association atau Asosiasi Orang Tua-Guru

Aku mengarahkan laser pointer ke lapisan tengah, menggerakkannya berputar-putar.

“Jadi, saat ini bagian yang tidak stabil adalah lapisan tengah, lingkungan kelas. Jika kita tidak mengatur ini, kemungkinan besar kita akan memiliki masalah yang muncul dalam acara seperti sekarang di mana kita harus bekerja berbasis kelas.”

“Belum lagi, acara-acara kayak di komedi romantis yang super penting seperti festival olahraga dan festival sekolah dilakukan sebagai sebuah kelas. Jika sesuatu yang mirip dengan apa yang terjadi sekarang terjadi, itu tidak akan bagus.”

Ada pengumpulan bahan untuk seni mural terkenal, pertunjukan panggung, pasar loak, warung makan, dan sebagainya. Berbagai macam pertemuan sosial, yang semuanya berbasis kelas.

Kerelawanan Pembersihan Daerah Setempat hanyalah awal dari pertempuran, dan meskipun dalam skenario terburuk hal itu gagal, itu masih dalam ranah bisa ditahan. Tapi, kalian bisa bilang bahwa komedi romantis di mana festival sekolah atau olahraganya tidak menarik bukanlah komedi romantis.

“Dan itulah tepatnya kenapa…”

Aku dengan cepat mengaktifkan slide animasi.

“Saat ini, inilah yang harus menjadi prioritas utama kita. Penyesuaian kembali lingkungan kelas. Dengan kata lain, membangun kelas yang cocok untuk komedi romantis!”

​​Ta-da, kata-kata Membangun Kelas yang Dioptimalkan untuk Komedi Romantis muncul di tengah layar.

“Kecenderungan Kelas 1-4 saat ini tidak cocok untuk realisasi komedi romantis. Kita akan mengambil kesempatan ini untuk membuat beberapa revisi serius.”

Angkat tangan dari Uenohara muncul lagi. Kuharap itu bukan komentar pedas lain.

“Ya, Uenohara-san.”

“Hal-hal tentang optimasi kelas dan kecenderungan kelas yang tidak seperti romcom ini agak abstrak dan sulit dimengerti. Jadi singkatnya, itu soal apa yang bisa membuat segalanya menjadi lebih baik, kan?”

Oh, seperti yang diharapkan dari seorang pemikir logis. Aku sudah menduga itu akan ditanyakan.

“Kamu benar sekali. Kecenderungan kelas—yang disebut atmosfir atau suasana, pengaruh orang lain, dan kekuatan bicara yang tidak terlihat oleh mata. Kamu bahkan tidak tahu apakah intervensimu memiliki efek yang diinginkan. Jadi, apa solusinya?”

“…Tunggu. Tidak mungkin."

Uenohara terlihat seperti baru menyadari sesuatu.

“Sederhana saja. Untuk melihat apa yang tidak bisa dilihat, cukup gunakan angka.”

Sambil menyeringai, aku beralih ke pengungkapan senjata baru.

“Ini dia. Senjata terbaru untuk mengukur kecenderungan kelas dan menghasilkan potensi romcom dari sebuah kelompok. Tes Pengukuran Potensi Romcom Kelompok yang juga dikenal sebagai Q-U-L (keren)!”

Seiring dengan efek suara cha-ching di otakku, aku memajukan slide.



 

Uenohara melihat ke layar dengan ekspresi tercengang.

Heh, aku bisa tahu kalau pendekatan jahatku telah membuatnya kehilangan kata-kata.

“Nama resminya adalah Questionnaire-Utilities of Love (Comedy). Jika kamu mengambil huruf pertama dari setiap kata, itu membentuk kata [Q-U-L]^[keren]. Ini adalah tes psikologis dalam arti tertentu*, namun dengan memasukkan data perilaku dari Catatan Tomodachi dan data yang diperoleh dari survei ke dalam ini untuk dianalisis, kamu dapat langsung menilai apakah kelas dalam keadaan yang diinginkan untuk komedi romantis atau tidak.”

TLN: Referensi untuk tes psikologi sungguhan yang digunakan di Jepang dan diterapkan pada kehidupan sekolah, Q-U.

Tidak seperti tes potensi komedi romantis tingkat pribadi milikku sebelumnya, tes ini didasarkan pada tes psikologis yang tepat, yang telah dimodifikasi secara ekstensif. Jadi, ini jauh lebih terspesialisasi daripada yang sebelumnya.

“Formula rinci dan mekanisme penggrafikannya sudah dibangun ke dalam lembar perhitungan khusus, sehingga analisis dapat dilakukan dengan satu kali klik. Tapi bukan hanya itu saja. Ini adalah produk luar biasa yang bahkan dapat kamu gunakan untuk perhitungan percobaan, dan mencari tahu dengan tepat bagian mana yang perlu diubah untuk meningkatkan angka!”

Satu-satunya kekhawatiranku adalah bahwa ini masih versi beta baru jadi aku belum selesai memverifikasi kelayakannya. Namun, aku memiliki penguatan teoretis dari penolongku, jadi hasilnya kurang lebih sudah benar.

“Meskipun ini jelas merupakan alat pengukuran yang paling kuat di luar sana, aku belum mengetahui hasil seperti apa yang sebenarnya akan… Ah.”

Aku sedang dengan antusias menyajikan sesuatu ketika tiba-tiba aku melihat ke depan dan menyadari bahwa Uenohara menatapku dengan ekspresi luar biasa tidak senang.

Hmm, kenapa aku merasakan firasat buruk tentang ini, ya?

“…Uh, apakah ada masalah?”

“Dengar, bisakah kamu berhenti berbicara dengan ibu seseorang di belakang orangnya?”

“Ap—Kok kamu bisa tahu?!”

Tapi, aku sudah menyembunyikannya dengan sangat baik!

Uenohara menghela nafas panjang, lalu memalingkan wajahnya, meletakkan dagu di tangannya.

“Astaga. Wanita itu... Aku memang merasa kalau dia sedang bersemangat luar biasa akhir-akhir ini, tapi...”

“M-maksudku, dia benar-benar ahli! Aku cuma menyebutkannya secara sepintas, dan kemudian semuanya menjadi sangat menarik...”

Aku telah berkenalan dengan Uenohara-sensei (si ibu) sejak saat Event Teman Masa Kecil-settingan Uenohara (si anak). Ketika aku mampir ke kantornya dengan membawa sekotak makanan manis untuk berterima kasih padanya soal tempo hari, kami tiba-tiba berbicara tentang kelas.

Aku bertanya apakah mungkin untuk mengukur karakteristik sekelompok orang, dan dia menjawab ya, dan kemudian membagikan tes aslinya kepadaku. Aku sangat bersemangat sehingga aku terjerat ke dalam perdebatan panas, dan tanpa aku sadari, kami jadi cukup dekat untuk mengobrol sesekali, mengabaikan putrinya...

“Jangan khawatir! Itu tidak ada hubungannya dengan menyukai ibu dan bukan anaknya, sumpah!”

TLN: Kemungkinan referensi untuk serial Musume ja Nakute Watashi (Mama) ga Suki nano?! (Kamu Menyukaiku, Bukan Putriku?!).

“Meskipun lelucon, itu menjijikkan. Bisa sampai semenjijikkan apa kau itu?”

“A-Apa-apaan itu, dasar bocah kurang ajar?! Sialan, apakah kau mengejek komedi romantis tipe Ibu?!”

“Kouhei, kaulah yang selalu aku ejek.”

“Apakah maksudmu kalau akulah yang selama ini diejek?!”