[LN] Chitose-kun wa Ramune Bin no Naka Volume 1 Chapter 1.6 Bahasa Indonesia

 


Chapter 1: Riajuu yang Dibenci Memiliki Pengaruh Besar Atas Sekolah

6

 

Hari ini menjadi hari upacara pembukaan, begitu kelas berakhir, tanpa banyak hal lain yang terjadi, sekitar delapan puluh persen kelas menuju ke kegiatan klub, sementara dua puluh persen sisanya segera pulang. Cukup mudah untuk menebak di klub mana kelompok Kaito dan Haru berada. Adapun Yuuko, dia di klub tenis, sedangkan Yua di klub musik tiup. Semua orang yang aku kenal berada di semacam klub. Satu-satunya orang yang tidak punya rencana dan akan menghabiskan sore itu menunggu dengan mulut ternganga adalah diriku sendiri.

Aku membeli sekaleng kopi dari mesin penjual otomatis, dan dengan santai menaiki tangga menuju atap. Di kejauhan, aku bisa mendengar suara terompet klub musik tiup yang sedang dicoba, teriakan klub sepak bola, dribel ringan klub bola basket, dan gema kasar yang merindukan dari sarung tangan klub bisbol. Saat aku menguatkan pendengaran untuk mendengarkan ritme seusai sekolah, aku merasa sedikit kesepian.

Saat membuka pintu menuju atap, pemandangan langit persegi panjang mulai terlihat, dikelilingi oleh pagar yang bahkan lebih tinggi dariku. Begitu pucat hingga tampak seperti akan menabrak bumi kapan saja, dan begitu lebar sehingga tampak seperti akan segera terkurung. Pada ketinggian yang jauh lebih rendah dari awan, tapi hanya sedikit lebih tinggi dari pagar, kepulan asap tembakau mengepul dengan nyaman di udara. Mengikuti asal asap itu, aku melihat wajah yang kukenal, yang sebenarnya tidak ingin aku lihat.

“Yo, jadi kau datang.”

Kura-sen duduk di tepi bangunan atap tempat tangki air dipasang, dengan nyaman menghisap rokok.

“…Saya dengar kalau seisi sekolah ditetapkan sebagai kawasan dilarang merokok?”

Aku menaiki tangga, lalu duduk di sebelah Kura-sen.

“Itu aturan tidak berguna yang hanya berkaitan untuk mempertahankan penampilan yang pantas di mata masyarakat, tidakkah kau pikir begitu? Selama asap tidak dihembuskan ke siswa atau semacamnya, itu bukanlah masalah besar.”

“Bolehkah saya bertanya, menurut Anda orang seperti apa yang berada tepat di depan Anda ini?”

“Antara melaporkan kebiasaan merokokku kepada guru lain, atau menerima kunci cadangan menuju atap untuk digunakan kapan pun mereka mau. Seorang pria yang cukup pintar untuk mempertimbangkan opsi-opsi itu dan dengan tepat memutuskan mana yang lebih menguntungkan, mungkin seperti itu.”

“… Tentu saja, terima kasih.”

Sama seperti dikebanyakan SMA, di sekolah kami, atap pada dasarnya dilarang dikunjungi siswa. Kurang lebih benar jika kalian mengajukan permohonan dengan hal-hal seperti tujuan penggunaan dan jumlah orang kepada penjaga atap Kura-sen, izin akan diberikan untuk alasan yang sederhana seperti makan bento di sana, tapi karena itu merepotkan, hampir  tidak ada siswa yang akan bertindak sampai sejauh itu.

Dengan itu, aku telah ditugaskan oleh Kura-sen untuk beberapa peran yang dibuat-buat secara tidak bertanggung jawab terkait dengan pembersihan atap, dan oleh karena itu memiliki kebebasan untuk datang dan pergi ke atap tanpa harus memberi tahu dia setiap saat.

“Namun, bukankah perokok akhir-akhir ini merasa agak dipermalukan? Maksudku, mereka terus diberikan tamparan keras oleh masyarakat.”

“Mereka semua mungkin menginginkan seseorang yang mudah dimaklumi sebagai orang jahat.”

“Saya kebetulan tahu apa yang Anda maksud…”

Membuka penutup kaleng kopi, aku teringat masalah di situs bawah tanah sekolah.

“Sepertinya itu adalah fakta bahwa perokok pasif lebih dibahayakan, dan bagaimanapun, tidak ada harapan jika seseorang memberi tahumu bahwa mereka tidak tahan dengan baunya. Orang-orang yang membri teguran memiliki rasa keadilan yang luar biasa. Target empuk untuk melemparkan kritik, terlepas dari hal-hal seperti tingkat pendidikan atau status masyarakat mereka. Persis seperti pengadilan penyihir di zaman modern. Tidak ada cara untuk membalasnya.”

Bertentangan dengan isi pidatonya, Kura-sen dengan hati-hati mengembuskan asap.

“Namun, mengesampingkan masalah benar dan salah, aku benar-benar tidak menyukai manusia yang pada saat seperti itu dengan riang mengumpulkan kritik. Aku sungguh-sungguh berharap agar kalian semua tidak menjadi orang dewasa membosankan yang melakukan hal-hal seperti itu, lho.”

“Aku juga berpikir begitu. Bolehkah aku meminta rokok?”

Ketika aku dengan bercanda mengulurkan tangan ke rokok Kura-sen, tanganku segera ditepis.

“Jangan terlalu terburu-buru. Apa yang harus aku lakukan jika itu akhirnya membahayakan posisiku di masyarakat?”

“Contoh yang bagus tentang alasan kenapa kau tidak boleh mempercayai kata-kata orang dewasa, ya.”

“Kau bisa menghisap dada Hiiragi atau Nanase seperti yang biasa dilakukan siswa SMA atau semacamnya.”

“Meski hanya sebagai lelucon, itu bukan kata-kata yang pantas untuk diucapkan oleh seorang guru.”

Aku dengan manut menyesap kaleng kopi milikku.

“…Ngomong-ngomong, Anda bilang Anda punya pekerjaan untukku?”

 Setelah kelas berakhir, aku dipanggil oleh Kura-sen dan disuruh datang ke tempat biasa.

“Chitose, kau adalah ketua kelas, kan?”

Orang yang menyebutkan namaku itu mengeluarkan bungkus rokok Lucky Strike dari sakunya dan menyalakan batang keduanya.

“Ahhh hampir saja, sepertinya sudah hampir waktunya untuk latihan.”

Entah kenapa merasakan firasat buruk dari komentar singkat itu, aku mencoba untuk berdiri, tapi Kura-sen menahan bahuku dengan kuat. Meskipun perawakannya mirip dengan pohon yang layu, aku merasakan tekanan yang tidak akan menerima jawaban tidak.

“Kau tahu, Chitose… bukankah menurutmu akan lebih bagus jika semua teman sekelasmu bisa berkumpul bersama, tanpa ada satu orang pun yang ditinggalkan?”

“Ya, jika wali kelas dapat mencapai itu dengan daya tarik mereka, itu akan menjadi yang terbaik, bukan?”

Aku sadar bahwa ada satu kursi kosong di belakang kelas. Aku pernah berpikir bahwa dia mungkin hanya sedang tidak sehat, tapi tampaknya aku salah.

“Di Kelas 2-5 yang baru, ada satu siswa yang absen, kan? Namanya Yamazaki Kenta. Dia awalnya di Kelas 1-1, dan meskipun aku tidak akan sampai mengatakan bahwa itu sangat mengesankan, nilai tesnya secara konsisten jauh di atas rata-rata, dan tampaknya dia bahkan punya teman di kelas. Namun, tepat setelah caturwulan ketiga dimulai, dia menjadi condong sering absen, dan sekarang lihatlah, dia bahkan tidak muncul di hari pertama sekolah.”

Aku tidak ingat pernah mendengar nama itu. Hal yang disebut pembolosan ini relatif jarang terjadi di sekolah kami.

Meskipun aku tidak tahu situasi di SMA lain, SMA Fuji adalah sekolah persiapan di mana hampir semua siswa masuk kemari dengan tujuan untuk melanjutkan studi mereka ke jenjang universitas, jadi wajar saja, kebanyakan dari mereka adalah manusia yang cerdas. Bahkan jika ada orang yang secara diam-diam menghilangkan stres mereka dengan mengunjungi situs bawah tanah atau mereka yang terlibat dalam pertempuran supremasi, itu jarang berkembang hingga menjadi penindasan langsung. Aku telah mendengar kasus langka siswa yang hampir tidak lulus, tidak dapat mengikuti level kelas, dan putus sekolah, tapi itu tampaknya bukan masalah yang terjadi di sini.

Aku dengan enggan membuka mulut.

“…Apakah Anda tahu alasannya?”

“Wali kelas sebelumnya mengunjungi rumahnya beberapa kali, tapi mereka tampaknya tidak dapat melakukan kontak langsung. Tentu saja, upaya untuk bertanya kepada teman-teman terdekatnya tentang situasinya sudah dilakukan, tapi tampaknya hubungan mereka hanya sejauh memiliki kesamaan minat, dan mereka tidak cukup dekat untuk bertanya tentang keadaan pribadi.”

“Begitu ya, jadi jika saya tidak salah tanggap, sekarang adalah kesempatan sempurna bagi Anda untuk meningkatkan dan menunjukkan keahlian Anda, sensei. Apakah saya benar?”

“Bagaimanapun, seharusnya itu adalah semua yang aku tahu tentang ini. Dan juga, kesamaan minat mereka adalah hal-hal seperti anime dan novel ringan. Hal semacam itu.”

“…Hmm, bukankah menurut Anda ada yang aneh di sini? Percakapan ini tidak tersusun. Tidakkah Anda berpikir bahwa tercapainya pemahaman yang sama merupakan dasar dari komunikasi yang baik?”

Kura-sen berpura-pura tidak mendengarku, jadi setelah menghela nafas, aku melanjutkan kalimatku, bahkan lebih enggan dari sebelumnya.

“Saya agak tertarik untuk bertanya, tapi… kenapa Anda memberi tahu saya semua itu?”

“Chitose, kau ketua kelas, bukan? Keberadaan legendaris yang dapat menyelesaikan masalah apa pun selama itu terkait dengan kelas?”

“Asal tahu saja, ini bukan peran yang mencakup segalanya semacam itu, oke?”

“Chitose, kau adalah pelayanku, kan?”

“Dasar Sialan.”

Aku telah dijebak. Tidak salah lagi bahwa Kura-sen membuatku memimpin atas kelas hari ini bahkan sampai mengantisipasi bahwa kami akan mengadakan diskusi ini. Dia mungkin tahu bahwa jika dia melakukan itu, aku pasti akan menjadi ketua kelas dengan sukarela.

“Hanya anak-anak yang dapat memahami keadaan anak-anak. Sama halnya dengan hanya orang dewasa yang bisa memahami keadaan orang dewasa. Lihatlah, menurutmu kenapa pria dewasa yang baik ini tetap melajang selama lebih dari tiga puluh tahun dalam hidupnya? Aku penasaran, apakah kau tahu kenapa dia menuangkan gajinya yang sedikit ke perusahaan layanan Katamachi ‘Don’t Take My Blazer Off’?”

“Yah, saya cukup yakin sekarang bahwa itu karena Anda telah gagal sebagai manusia dan juga guru!! …Menyedihkan. Singkatnya, Anda ingin membujuk si Yamazaki-kun ini untuk datang ke sekolah, kan? Kenapa Anda tidak meminta pada Yuuko?”

“Hiiragi tidak cocok untuk jenis komunikasi yang licik seperti ini, dan menerobos masuk tanpa pemahaman yang kuat tentang situasinya hanya akan memberikan pukulan terakhir, dalam berbagai artian. Akan lebih baik jika penjelasan situasinya dimulai darimu, dan manfaatkan posisi penting itu dengan baik.”

“Ngomong-ngomong, saya anggap bahwa penolakan bukanlah pilihan, kan?”

“Ada masalah yang termasuk dalam memperkecil jarak, dan itu dapat diselesaikan jika kau terlibat. Apakah menurutmu tidak masalah untuk mengabaikannya? Chitose-kun sang Pahlawan Super-Aku-Bisa-Melakukan-Apa-Saja milik semua orang?”

Kura-sen menyeringai penuh arti.

…Cih. Dia benar-benar bapak-bapak yang menyulitkan.

Jangan mengejar mereka yang meninggalkanmu, tapi jangan menolak mereka yang datang kepadamu. Aku tidak akan menyelamatkan seseorang atas kemauanuku sendiri, tapi jika seseorang mengandalkanku, aku akan memenuhi harapan mereka dengan standar yang lebih sempurna, lebih indah, dan melampaui imajinasi mereka.

Agar aku berjalan sebagai diriku sendiri dalam hidup, dan agar Chitose Saku dapat memenuhi Chitose Saku yang diyakini semua orang, dia harus terus seperti itu.

“Saya menganggap Anda menyerahkan metode yang digunakan terserah padaku. Aku berharap untuk menerima bayaranku, oke?”

“Apa? Apakah kau ingin aku membawamu ke tempat layanan itu?”

“Jika yang Anda maksud adalah The Blazer’s Off, maka saya tak masalah dengan itu.”

“…Apakah ada yang lebih memilih pria paruh baya di sana?”

“Serius, kau…”

 

 

 Sebelumnya - Daftar Isi - Selanjutnya